Kegiatan

  • Detail

Surat Terbuka Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak mengenai RPP Label dan Iklan Pangan

15 Mar 2017

Surat Terbuka Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA)

 

Kepada Yang Terhormat

Bapak Ir. Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Salam dan doa untuk Bapak Presiden Joko Widodo, semoga senantiasa mendapatkan kesehatan, kelancaran, dan petunjuk dalam melaksanakan tugas dan pengabdian untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA) sangat mengapresiasi 10 pesan kesehatan yang Bapak sampaikan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2017 di mana pada pesan yang kedua terkait Gizi Investasi Bangsa, Bapak menyerukan “Jangan sampai ada lagi yang namanya gizi buruk. Tidak ada anak yang sepantasnya kekurangan gizi di Negara berpendapatan menengah seperti sekarang ini.”

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, masih ada sekitar 8,8 juta anak berusia di bawah lima tahun (balita) yang pendek, 3 juta balita kurus serta sejumlah balita yang gemuk (kelebihan bobot) yang menunjukkan masalah gizi balita masih cukup serius di Negara kita. Salah satu faktor yang memengaruhi masalah gizi balita adalah asupan makanan yang kurang tepat, khususnya pemberian ASI yang kurang optimal. Di Indonesia hampir 9 dari 10 ibu menyusui, namun sayangnya hanya 42% saja bayi berusia di bawah 6 bulan yang mendapatkan ASI secara eksklusif dan menikmati manfaat ASI secara optimal sesuai rekomendasi WHO, UNICEF dan Kemenkes RI. Faktor utama yang menghambat pemberian ASI secara optimal selama 2 tahun atau lebih adalah karena masih minimnya promosi, dukungan, dan perlindungan bagi ibu menyusui. Hal ini diperparah oleh masih maraknya promosi yang tidak bertanggung jawab dari produk makanan bayi dan anak.

Saat ini sedang berlangsung pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan (RPP LIP) di mana draftnya telah berada di Kementerian Hukum dan HAM. Sebelumnya, RPP ini telah melalui diskusi publik di mana GKIA juga terlibat aktif dalam prosesnya bersama Badan POM, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perindustrian. GKIA mendukung Kementerian Kesehatan RI yang merekomendasikan pencantuman pelarangan iklan produk pangan yang diperuntukkan bagi bayi dan anak sampai usia 3 tahun dalam RPP ini. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Sidang Kesehatan Dunia ke-69 (Resolusi WHA. 69.9) 2016 yang menyerukan negara-negara anggota untuk mengakhiri promosi yang tidak bertanggung jawab dari produk makanan bayi dan anak usia di bawah 3 tahun.

Untuk itu kami sangat berharap Bapak Presiden dapat menginstruksikan Kementerian terkait untuk segera menuntaskan RPP LIP ini dengan tetap mencantumkan batas usia pelarangan iklan produk pangan bayi dan anak sampai usia 3 tahun sebagai wujud komitmen Pemerintah Indonesia yang telah menyepakati Resolusi WHA 2016 dalam menuntaskan masalah kekurangan gizi demi tercapainya Nawa Cita yang kita idamkan bersama. Penjelasan lebih detil terkait isu ini kami sertakan dalam lampiran surat ini.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Presiden terhadap surat terbuka kami ini.

 

Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak,

dr. Supriyatiningsih, M.Kes.,Sp.OG

Koordinator Presidium GKIA

 

Tentang GKIA :

Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA) adalah koalisi masyarakat sipil Indonesia yang anggotanya terdiri dari organisasi dan individu yang memiliki kesamaan tujuan dalam memperjuangkan peningkatan status kesehatan ibu, anak dan remaja di Indonesia, dan tunduk pada konvensi hak azasi manusia, konvensi penghapusan kekerasan terhadap perempuan, dan konvensi hak anak.

GKIA diluncurkan pada bulan Juni 2010 oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Republik Indonesia sebagai bagian dari upaya masyarakat sipil untuk ikut berkontribusi dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) yang saat ini dilanjutkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Kontak Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak

Dr. Candra Wijaya, M.Epid (email: candra_wijaya@wvi.or.id; HP: 08158139206)

Nia Umar, S.Sos, MKM, IBCLC (email: nia@aimi-asi.org; HP: 08111661888)

Dr. Dian Hadihardjono, MSc, IBCLC (email: DHadihardjono@hki.org; HP: 0811152130)

Dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM(email: tamiroes@gmail.com; HP: 08118501907)

Dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC (email: wiyarni.pambudi@gmail.com; HP: 08111073143)

Sekretariat GKIA:sekretariat@gkia.org